Minggu, 23 Januari 2011

Getaran Harmonis

 Getaran merupakan gerak bolak-balik yang melewati titik kesetimbangan. Getaran harmonis merupakan gerak/getaran yang memiliki periode yang sama. Dalam kehidupan sehari-hari, getaran harmonis jarang ditemui, ini di karenakan dalam suatu getaran, biasanya periode dan simpangannya selalu tidak tetap/berubah-ubah.

Getaran harmonis itu sendiri, disebabkan oleh gaya pemulih (selalu menuju titik setimbang) yang sebanding dengan simpangannya.
Getaran harmonis juga merupakan suatu gerak proyeksi suatu titik yang bergerak melingkar beraturan, pada suatu garis lurus yang sebidang dengan titik tersebut.

Dalam getaran harmonis, dikenal beberapa istilah seperti:

Periode (T)                         : waktu yang diperlukan oleh benda untuk melakukan satu kali getaran (sekon)
Frekuensi (f)                       : banyaknya getaran tiap satu satuan waktu (Hz)
Simpangan                          : jarak benda dari titik seimbangnya
Amplitudo (A)                    : simpangan maksimum 

Dalam Getaran Harmonis, dikenal eksperimen pegas dan eksperimen bandul 
Dalam eksperiman pegas, konstanta pegas bernilai konstan, ini massa tidak tidak mempengaruhi nilai konstanta pegas. Nilai konstanta pegas hanya dipengaruhi oleh jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan pegas.

Sedangkan dari grafik hubungan antara m dan T, dapat diketahui bahwa massa mempengaruhi besarnya periode pegas. Besarnya periode berbanding lurus dengan massa, semakin besar massa, semakin besar pula periodenya. 
Point-point penting dalam percobaan pegas
  1. Massa tidak mempengaruhi nilai konstanta pegas, konstanta pegas hanya dipengaruhi oleh jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan pegas.
  2. Besarnya periode berbanding lurus dengan massa, dimana semakin besar massa, semkin besar pula periodenya. Konstanta pegas berbanding terbalik dengan periode, sehingga semakin besar konstanta pegas semakin kecil periodenya 
  3. Semakin besar simpangan (A) semakin besar pula periodenya (T) 
  4. Frekuensi berbanding terbalik dengan periode, semakin besar besar periodenya maka semakin kecil nilai frekuensinya
Point-point penting dalam percobaan Bandul

Ø      Panjang tali (l) sebanding dengan periode (T), semakin panjang tali, semakin besar periode getarnya.
Ø      Sudut simpangan tidak mempengaruhi besarnya periode getar
Ø      Semakin besar simpangan (A) semakin besar pula periodenya (T)
Ø      Frekuensi berbanding terbalik dengan periodenya

2 komentar:

  1. Definisi getaran harmonik adalah bila periodenya tetap yang berarti pula frekwensi tetap. Ada juga istilah gerak harmonik sederhana, yaitu bila selain periodenya tetap, amplitudonya juga tidak berubah. Bila harmonik tetapi amplitudonya berubah, biasanya semakin kecil, maka getarannya disebut getaran harmonik teredam.

    BalasHapus
  2. Point penting ke2 dan ke3 kontradiktif. Kalau sudut simpangan tidak mempengaruhi periode, maka besar simpangan juga demikian.

    BalasHapus